Tips Logo Yang Baik

Posted by Yusup_ipunk Rabu, 27 November 2013 0 komentar

Seiring dengan kebutuhan desain logo bagi sebuah brand yang amat penting, bisa dipastikan bahwa desainer grafis semakin kebanjiran project untuk membuat logo yang sesuai dengan keinginan client. Untuk mendesain logo yang baik serta memberikan nilai tersendiri untuk identitas sebuah brand. Sribu akan mencoba untuk memberikan tips bagi para desainerer grafis agar bisa membuat desain logo yang unik, menarik dan tentunya mudah diingat namun tentunya tips-tips berikut tidaklah absolut, Anda bisa melakukan modifikasi sesuai dengan client yang Anda tangani. Tips-tips ini merupakan guidelines yang akan mengerucutkan pekerjaan sehingga nantinya akan mampu menghasilkan desain logo yang bisa diterima oleh market.

Untuk Anda sebagai seorang desainer grafis dalam membuat desain logo pastinya terpikir kan untuk mengambil jalan pintas dengan mencontoh desain logo online yang berada banyak di internet. Biasanya hal ini dilakukan oleh para desainer grafis untuk menghemat waktu, uang dan bahkan keduanya. Namun jangan salah cara ini bukanlah sebuah solusi yang baik bahkan akan membuat kepala Anda pusing Untuk beberapa contoh mungkin Anda sebagai seorang desainer grafis bisa menggunakan clip art logo. Mungkin Anda juga bisa mendownload template desainer logo namun ini bukannya ide yang bagus dikarenakan kebanyakan situs untuk mendownload desainer logo ini kebanyakan tidak diketahui kejelasannya Anda tidak bisa yakin apakah pekerjaan itu original.
Salah satu cara terbaik untuk membuat logo adalah dengan mendesain logo yang unik, original dan tentunya efektif. Berikut adalah tips desain logo yang baik:

image

Logo yang Simple Selalu Lebih Baik

Logo yang kompleks sulit untuk dibuat dan sulit untuk diingat. Amatlah lebih baik untuk memilih logo yang simple sebagai desain utama Anda dan Anda tinggal melakukan sedikit ”touch up” untuk menjadikannya cantik dan menarik. Logo yang simple dan menarik lebih mudah diingat ketimbang logo yang rumit dan terlihat membingungkan.

Logo Tak Harus Bersinggungan Dengan Apa Yang Dijual Perusahaan

Sering kali logo sebuah brand tidak menggambarkan apa yang dijual atau dijalankan oleh sebuah perusahaan. Memang logo haruslah mencerminkan visi sebuah perusahaan namun tidak selalu logo menjelaskan dengan detail apa yang dilakukan oleh perusahaan. Coba lihat logo McDonald apakah menggambarkan makanan yang dijualnya? Tidak ada gambar hamburger di logo tersebut. Lihat juga logo FedEx tidak ada image pesawat atau truk disana. Begitu pula dengan Nike tidak ada gambar sneaker atau kaos golf disana. Walaupun memang memiliki desain logo yang menggambarkan sedikit elemen dari brand adalah sebuah hal yang benar. Anda pastinya sudah sangat familiar dengan logo Apple yang amat terkenal, memang benar itu adalah sebuah apel tetapi tentu tidak ada indikasi apapun bahwa itu adalah sebuah perusahaan komputer. Namun logo Apple yang bertengger dengan manisnya di produk Apple seperti Ipad maupun Iphone benar-benar sangat cool bukan.

Size matters

Desain logo yang Anda buat haruslah memperhatikan jika logo tersebut harus dibuat dalam berbagai bentuk misalnya jika logo harus dicetak dalam bentuk kecil. Desain logo yang kompleks bisa jadi akan rusak jika dicetak dalam bentuk image yang begitu kecil. Coba pikirkan apabila logo tersebut ditempatkan pada business card, gantungan kunci atau bahkan pulpen, apakah desain logo yang Anda buat bisa cocok dan fit untuk benda-benda tersebut. Coba lihat logo nike yang simple, walaupun bukan jenis desain logo yang dinamis namun logo tersebut terlihat amat pas di mana-mana. Hal tersebut akan sulit jika desain logo yang Anda buat terlalu kompleks. Pikirkan juga jika logo tersebut ditempatkan di media dengan ukuran besar seperti misalnya di billboard, apakah desain logo yang Anda buat akan terlihat menarik dan tidak berlebihan. Dengan mengira-ngira nantinya logo tersebut akan ditempatkan dimana saja maka hal itu akan membantu Anda sebagai desainer grafis untuk menciptakan desain logo yang sesuai.

Perhatikan Aspek Rasio

Aspek rasio yaitu memperhatikan hubungan antara tinggi dan lebar logo amatlah penting. Desain logo yang terlalu tinggi dan nampak kurus atau desain logo yang terlalu gemuk dan berat takkan bagus secara visual. Masalahnya adalah ketika memasukkan desain logo di berbagai media terlebih lagi jika mengkombinasikannya dengan elemen grafis lainnya seperti business card atau website wah logo yang tidak seimbang aspek rasionya maka akan terlihat bertabrakan. Logo yang memiliki aspek rasio seimbang akan mudah diadaptasikan di berbagai media. Logo segi empat terlihat menarik begitupula logo berbentuk lingkaran namun semuanya harus memperhatikan aspek rasionya.
Memisahkan antara icon dan text
Jika logo yang Anda desain mengkombinasikan antara bentuk icon dan teks, nah yang terbaik adalah dengan memisahkannya sehingga tidak terjadi tumpang tindih. Dengan begini maka jika Anda harus memisahkan antara icon dan teks tersebut maka desain logo tersebut masih bisa berdiri dengan utuh.

Untuk Tips Logo Yang Baik selanjutnya dapat anda baca disini Tips Logo Yang Baik #2

Sumber: Berbagai Sumber

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Logo Yang Baik
Ditulis oleh Yusup_ipunk
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tutorialdesainbagus.blogspot.com/2013/11/tips-logo-yang-baik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tutorial Desain Bagus.