6 Tahap Penting untuk Mengembangkan Ide Kreatif

Posted by Yusup_ipunk Sabtu, 30 November 2013 0 komentar

Banyak orang beranggapan bahwa desainer grafis adalah seorang penyihir yang bisa memunculkan ide-ide kreatif secara seketika, hanya dengan mengayunkan tongkat ajaib – atau dalam hal ini menggerakkan mouse dan memencet tombol-tombol kombinasi di keyboard. Padahal, sebagai seorang designer grafis, kita tahu bahwa, kenyataannya justru sebaliknya.

Menciptakan sebuah ide desain yang orisinil sama sekali bukan sihir yang bisa terjadi dalam hitungan detik. Proses ini mencakup seluruh prosedur menuangkan ide kreatif yang bersumber dari otak desainer ke dalam hasil karya akhirnya.

Nah, hal paling sulit bagi seorang designer grafis adalah menjelaskan proses kreatifnya di hadapan klien atau manajer proyek, sehingga mereka bisa memahami betapa sulit dan menantangnya profesi sebagai seorang designer grafis. Tapi, tenang saja. Kali ini, akan dibahas enam tahap penting dalam mengembangkan ide design kreatif.

clip_image001

1. Belajar meningkatkan kesadaran kreatif
Pembentukan ide design dimulai dengan pembelajaran dan pemahaman yang mendalam tentang dasar-dasar design yang ingin diciptakan. Pemikiran kreatif  harus didukung oleh dasar pengetahuan dan kebijaksanaan yang baik mengenai tren dan perkembangan design serta kita dapat belajar dari memperhatikan apa yang terjadi di sekitar kita. Meskipun ini bukan kondisi yang mutlak diperlukan untuk mencapai kreativitas, tetapi dengan latar belakang yang kuat dari lapangan, kita akan memiliki gambaran bagaimana mengaplikasikan ide-ide kita ke dalam bentuk nyata.

2. Pelatihan
Pelatihan sangat penting untuk mempelajari bagaimana melakukan sesuatu dengan benar. Terlepas dari fakta bahwa kita merancang dengan tangannya sendiri atau dengan menggunakan beberapa perangkat lunak design, kita harus sepenuhnya terlatih dalam mengoperasikan alat-alat, sehingga tidak mengalami hambatan dalam proses kreatif untuk menghasilkan desain logo. Sebagai seorang designer grafis, pelatihan sangat penting dalam efektif untuk menyelesaikan proyek design kita secara efektif dan dapat membantu kita untuk bisa lebih menuangkan ide ke dalam bentuk digital dengan lebih efektif pula karna banyak dari kita memiliki ide-ide kreatif, tetapi ketika saatnya pengaplikasian kita tidak bisa secara maksimal menggambarkan apa yang kita maksudkan atau bahkan desain yang kita buat sama sekali berbeda dengan apa yang kita rencanakan sebelumnya.

3. Investigasi
Bahkan sebelum kita mulai membayangkan sebuah ide, kita harus memperoleh informasi yang cukup mengenai client, termasuk bidang usahanya, jasa yang ditawarkannya, karakter perusahaannya, dan lainnya. Kesalahan seorang designer grafis yang terburuk adalah, langsung melompat ke tahap merancang, karena sebenarnya tahap investigasi ini sangat penting untuk menghasilkan ide-ide yang faktual dan relevan. Dalam sebagian besar kasus, kita akan mendapatkan informasi ini dari client saat ia menjelaskan design yang ia inginkan. Tetapi, jika client tidak memberikan informasi yang cukup, maka beban jatuh ke pundak sang designer sendiri untuk melakukan penyelidikan penuh mengenai hal-hal yang relevan yang dibutuhkan dalam merangcang sebuah design.

4. Ilham

Setelah pikiran kita terpenuhi dengan data dan informasi yang cukup dan yang berkaitan dengan subjek, sekarang saatnya kita akan menghadapi fase pencerahan di mana sebuah gagasan kreatif muncul muncul di kepala kita, yang dapat kita manfaatkan untuk melengkapi rancangan design. Pada tahap ini, ide itu tidak sepenuhnya menetas dan perlu “dierami” agar lebih matang. Sebaiknya, kita mulai mencatat hal-hal kecil dan potongan-potongan pikiran yang mulai bermunculan, agar kemudian dapat disatukan menjadi sebuah rancangan yang utuh, kita juga dapat menyisihkan waktu untuk memilih ide dari daftar ide menarik yang telah kita buat. Kita bisa share kepada teman tentang ide-ide kita, sehingga mungkin teman kita dapat memberi tambahan atau ide lain yang sangat mungkin untuk mengembangkan ide kita.

clip_image004

5. Ideasi
Setelah melalui serangkaian fase yang berat, designer grafis akhirnya sampai juga di tahap awal penghasilan ide kreatif. Sebut saja tahap ini ideasi (Ide + Generasi). Di sini, kita dapat mulai menyaring potongan-potongan kecil kreativitas yang telah kita peroleh pada tahap sebelumnya, dan mengubahnya menjadi sebuah ide design grafis yang tepat. Proses ini melibatkan kemampuan menganalisa rancangan-rancangan yang mungkin menarik untuk dikerjakan, dan menghilangkannya satu per satu, sampai didapat sebuah ide kreatif yang terbaik.

6. Eksekusi
Tentu saja, proses kreatif tidak selesai sampai di situ. Masih ada satu tahapan lagi yang sangat krusial dan menentukan hasil akhir dari seluruh fase yang telah kita lewati. Apalagi kalau bukan eksekusi.

Salah satu kesalahpahaman umum dalam dunia design grafis adalah bahwa, proses kreatif berakhir saat sebuah ide brilian tercetus. Padahal, tanpa pelaksanaan yang tepat, ide sejenius apapun akan gagal dan kerja keras kita akan sia-sia. Makanya, fase eksekusi ini harus dijalankan dengan sangat seksama.

Fase ini melibatkan proses mengubah sketsa ke dalam format digital, menambahkan warna dan efek, serta menguji hasil akhir apabila diaplikasikan ke dalam beberapa media. Dan, setelah mendapat persetujuan akhir dari klien, maka barulah proses design kreatif dapat dianggap selesai.

clip_image005

Lihat, kan? Ternyata tak mudah juga ya menelurkan sebuah ide yang brilian. Maka, jangan patah semangat jika ide brilian tak kunjung menetas dari benak kamu. Coba ditinjau ulang, apakah kita telah melewati semua tahap generasi ide dengan baik?

Jangan sampai bosan berkreasi. Teruslah menghasilkan karya-karya design yang cemerlang.

Sumber : Berbagai sumber

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 6 Tahap Penting untuk Mengembangkan Ide Kreatif
Ditulis oleh Yusup_ipunk
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tutorialdesainbagus.blogspot.com/2013/11/6-tahap-penting-untuk-mengembangkan-ide.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Tutorial Desain Bagus.